database

Beberapa definisi tentang Database :

  1. Menurut Gordon C. Everest :

Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.

2.Menurut C.J. Date : Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi  dari suatu organisasi. –  Data input adalah data yang masuk dari luar sistem –  Data output adalah data yang dihasilkan sistem –  Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem

3.Menurut Toni Fabbri : Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.

4. Menurut S. Attre : Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.

Sifat-sifat database :

  • Internal              :  Kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat.
  • Terbagi/share     :  Elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secara sendiri-sendiri maupun secara serentak dan pada waktu yang sama (Concurrent sharing).

Elemen-elemen database : A.  Tipe  :

  1. Enterprise     : Suatu jenis organisasi, misalnya Bank, Hotel, Universitas dan lain-lain.
  2. Entity File       : Obyek pada enterprise berdasarkan data yang disimpan
  3. Atribute Field Data item : Beberapa hal yang ingin diketahui dari suatu file
  4. Record               : Satu set field yang merupakan ciri khas dari suatu file

Istilah entity dan atribute biasanya digunakan pada tingkat konsepsual dan logikal, sedangkan file, record dan field pada tingkat internal/fisikal.Gambaran hubungan : Enterprise terdiri dari beberapa entity, Entity terdiri dari beberapa record dan Record terdiri dari beberapa field. B.  Isi / Nilai :

  1. Data File         :  Seluruh isi data pada file
  2. Data Record    :  Satu set isi data pada suatu susunan field dari suatu file
  3. Data Value      :  Isi data masing-masing data elemen.

Sumber-sumber daya suatu organisasi / enterprise :

Ada 5 M Sumber Daya, yaitu :

  • Man           :  Manajemen Personalia (Manusia)
  • Machine    :  Manajemen peralatan (Mesin)
  • Material     :  Manajemen industri (Bahan Baku)
  • Money       :  Manajemen Keuangan (Uang)
  • Message    :  Manajemen Informasi.

DATA Merupakan sumber daya yang paling penting dalam perusahaan, data perlu disimpan dan dimanajemen (rencana, desain, operasi, kontrol dan evaluasi).  Proses manajemen dilaksanakan dalam siklus hidup (Life Cycle). Manajemen data dapat dilakukan secara administrasi manual atau dengan memakai komputer, secara umum Sistem Database adalah sistem penyimpanan data memakai komputer.

4 Komponen DATA PROCESSINGyang menggunakan Sistem Database :

  1. Hardware             : Penyimpanan Sekunder
  2. Software               : Program Aplikasi, DBMS
  3. Data                     : Database mempunyai sifat internal (integritas dari file-file yang terlibat) dan terbagi / share
  4. User                      : User pembuat program aplikasi, end user (user pemakai data langsung), DBA (Penanggung jawab).

Penanggung jawab sistem database adalah  DBA(Database Administratur) ;

  1. Tanggung jawab DBA :

–       Menetapkan isi database

–       Menetapkan struktur data pada penyimpanan sekunder dan metode akses

–       Melayani kebutuhan user

–       Mendefinisikan pengecekan kewenangan penggunaan database oleh user dan menetapkan prosedur validasi suatu database.

–       Menetapkan strategi backup dan recovery

–       Memonitor unjuk kerja dan melayani kebutuhan akan perubahan-perubahan kepentingan.

2. Untuk melaksanakan tanggung jawabnya DBA harus mempunyai beberapa program utility, misalnya :

  • Create Routine                                          :  Untuk membuat database baru
  • Reorganization Routine                     : Untuk menyusun kembali database (misal : untuk menghapus tempat-tempat kosong dari record-record yang sudah tidak berlaku)
  • Journalizing / Logging Routine     :Untuk mencatat semua operasi yang telah dikerjakan, siapa usernya.
  •  Recovery Routine                                    : Memperbaiki kerusakan database pada posisi sebelum kerusakan.
  •   Statistical Analisys Routine              : Untuk memonitor hasil-hasil database.

DBMS (Database Managemen System)

  1. C.J. Date                         : DBMS adalah merupakan software yang menghandel seluruh akses pada database untuk melayani kebutuhan user.
  2. S, Attre                        : DBMS adalah software, hardware, firmware dan procedure-procedure yang memanage database. Firmware adalah software yang telah menjadi modul yang tertanam pada hardware (ROM).
  3. Gordon C. Everest: DBMS adalah manajemen yang efektif untuk mengorganisasi sumber daya data.

Jadi DBMS  :  Semua peralatan komputer (Hardware+Software+Firmware). DBMS dilengkapi dengan bahasa yang berorientasi pada data (High level data langauage) yang sering disebut juga sebagai bahasa generasi ke 4 (fourth generation language).

Fungsi DBMS :  –  Definisi data dan hubungannya

–  Memanipulasi data –  Keamanan dan integritas data

–  Security dan integritas data –  Recovery/perbaikan dan concurency data

–  Data dictionary

–  Unjuk kerja / performance Peralatan untuk menetapkan/menentukan pendekatan database disebut DBMS DBMS merupakan software (dan hardware) yang kusus didesain untuk melindungi dan memanage database.

Dengan menggunakan DBMS, maka dapat :

  • Mendefinisikan data dan hubungannya.
  • Mendokumentasikan struktur dan definisi data
  • Menggambarkan, mengorganisasikan dan menyimpan data untuk akses yang selektif/dipilih dan efisien.
  • Hubungan yang sesuai antara user dengan sumber daya data.
  • Perlindungan terhadap sumber daya data akan terjamin, dapat diandalkan, konsisten dan benar.
  • Memisahkan masalah Logical dan physical sehingga merubah implementasi database secara fisik tidak menghendaki user untuk merubah maksud data (Logical).
  • Menentukan pembagian data kepada para user untuk mengakses secara concurent pada sumber daya data.

Macam – macam pengguna database

1.    Programmer Aplikasi Adalah professional computer yang berinteraksi dengan bahasa pemrograman Delphi, PHP, Visual basic, Foxpro dan bahasa pemrograman lainnnya. Program yang dibuat disebut program aplikasi, misalnya untuk perbankan, administrasi, akuntansi dan lain-lain. Syntax yang berbeda dengan syntax bahasa program pada umumnya.

2. Casual User Pemakai yang telah berpengalaman, berinteraksi dengan system tanpa menulis program, tetapi memakai bahasa query. Setiap query akan mengajukan ke query processor yang mengambil dari perintah bahasa pemrograman.  

3. Naïve User Pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan system tanpa menulis program, tinggal menjalankan satu menu dan memilih proses yang telah ada atau telah dibuat oleh Programmer Aplikasi.

4. Specialized User Pemakai khusus yang menuliskan aplikasi database tidak dalam kerangka data processing yang tradisional. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Computer Aided Design System, Knowledge Base, Expert System, Sistem yang menyimpan data dalam bentuk data yang kompleks misalnya data grafik, data audio.

Jenis basis data berdasarkan pengaksesnya :

1. Basis Data Individual Basis data individual adalah basis data yang digunakan oleh perseorangan. Biasanya basis data seperti ini banyak dijumpai dilingkungan PC. Visual dBASE, Corel Paradox, dan Filemaker Pro merupakan contoh perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengelola basis data untuk kepentingan pribadi.

2. Basis Data Perusahaan Basis data perusahaan adalah basis data yang dimaksudkan untuk diakses oleh sejumlah pegawai dalam sebuah perusahaan dalam sebuah lokasi. Basis data seperti ini disimpan dalam sebuah server dan para pemakai dapat mengakses dari masing-masing komputer yang berkedudukan sebagai client.

3. Basis Data Terdistribusi Basis data terdistribusi adalah basis data yang disimpan pada sejumlah komputer yang terletak pada beberapa lokasi. Model seperti ini banyak digunakan bank yang memiliki sejumlah cabang di pelbagai kota dan melayani transaksi perbankan yang bersifat online.

4. Basis data publik Basis data publik adalah basis data yang dapat diakses oleh siapa saja (publik). Sebagai contoh, banyak situs web (misalnya yahoo dan about.com) yang menyediakan data yang bersifat publik dan dapat diambil siapa saja secara gratis. Namun adakalanya seseorang harus menjadi anggota dan membayar iuran untuk memperoleh data publik

. Perbedaan Jenis Program Database

1. Ms. Access Ms. Access adalah Database Storage Engine buatan dari Microsoft yang menempel di produk Microsoft Office. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan besar. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Kapasitas datanya sangat terbatas sehingga hanya cocok jika diaplikasikan untuk small system atau home bisnis. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.

2. MySql Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih dan untuk yang bayar mencapai 15.000.000.000 record. Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle. Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah. Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.  

3. SQL Server Database Storage Engine buatan Microsoft. Engine ini berbayar, akan tetapi Microsoft juga menyediakan yang versi gratisan (Express Edition). Karena buatan dari Bos Bill Gates maka Engine ini hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja (monoplatform). Keamanan datanya sudah lumayan. Kapasitas penyimpanan datanya tidak mencapai Tera Byte, sehingga sudah mampu untuk diterapkan di aplikasi besar. SQL Server banyak bermain di Memori untuk processing. Untuk bacup data Ms SQL banyak extensinya ada extensi .MDB, .BAK, .file. Kapasitas rollback dan recoverinya tidak secanggih di Oracle.

4. Postgre Database Storage Engine ini bersifat open source ato gratisan yg dikembangkan oleh berbagai developer didunia.untuk sintax query postgre sql menggunakan ANSI SQL 89, 92 dan 99. untuk postgre sql sudah support joins, views, aggregasi.

5. Oracle Man this is a great database. Database Storage Engine ini bisa menyimpan data sampai ukuran tera byte, dan database oracle juga meyediakan yg gratisan versi home edition, sedangkan untuk versi enterprisenya kita harus bayar. sejauh yg saya tahu dalam pengalaman saya, untuk bagian query-nya oracle tetap menggunakan standard bahasa SQL. oralce bisa digunakan diberbagai platform seperti unix,windows, untuk masalah keamanan oracle bisa dibilang baik. untuk masalah perfomance oracle kebanyakan bermain di harddisk bila anda ingin menggunkan oracle anda harus menyediakan space harddisk yg cukup besar. untuk backup oracle mempunyai extensi sendiri namanya file DMP. Selanjutnya penulis berusaha untuk menjelaskan salah satu program database yang telah jamak dipergunakan di perusahaan, maupun di pelajari di banyak universitas. Program yang akan diulas kali ini adalah oracle.

Sejarah Perkembangan Oracle

Dimulai tiga decade yang lalu, Larry Ellison yang secara rutin mengikuti jurnal penelitian IBM dan perkembangannya, menemukan sebuah makalah penelitian yang menggambarkan sebuah prototype yang bekerja untuk relasional system manajeman basis data (RDBMS). Kemudian Larry Ellison menunjukannya ke rekan-rekan dia yaitu Bob Miner dan Oates di Ampek, dari hasil pembicaraan mereka diketahui bahwa tidak ada perusahaan yang telah berkomitmen untuk mengkomersilkan teknologi ini. Trio ini menyadari ada potensi bisnis luar biasa dalam database relasional, selanjutnya mereka bersama-sama mendirikan perusahaan yang akan menjadi ORACLE dan mengembangkan oracle database. Meskipun sebagian besar perusahaan-perusahaan pada tahun 1977 menggunakan computer, namun sistemnya sangat besar dan sangat sulit dan hanya tenaga-tenaga terlatih dan professional yang bisa menggunakan mesin yang komplek untuk mengolah data input dan output. Oracle pertama secara komersial menyediakan perangkat lunak database yang ditantang dapat dipergunakan untuk kebijakan konvensional, bahwa teknologi ini dihadapkan pada skala jumlah yang besar dari data-data atau angka-angka yang sangat banyak dari para pemakai. Visi, misi dan optimisme dari para pendiri Oracle membawa Oracle pada suatu revolusi didalam perusahaan dan usaha computer. Sepanjang sejarahnya Oracle telah terbukti dapat membangun masa depan diatas dasar  inovasi dan pengetahuan yang mendalam atas tantangan pelanggan dan keberhasilan yang dianalisa oleh para pemikir  tehnik bisnis kelas dunia. Perusahaan berusaha sekuat tenaga dengan kekuatannya melayani pelanggan dan menerapkan teknologi sebagai kunci untuk mengambil keputusan bisnis dalam menghadapi kebijakan kovensional dan mengambil produk-produk dan jasa sebagai peluang baru. Sekarang lebih dari sebelumnya teknologi Oracle dapat ditemukan dihampir setiap industri dan pusat data. Oracle adalah perusahaan pertama untuk mengambangkan dan menyebarkan  seratus persen internet-enabled software enterprise diseluruh lini produk database, aplikasi bisnis, pengembangan aplikasi dan alat pendukung keputusan. Inovasi adalah mesin kesuksesan Oracle. Oracle merupakan salah satu perusahaan yang pertama untuk membuat aplikasi bisnis yang tersedia melalui ide internet. Oracle telah memperkenalkan produk baru Oracle Fusion Middleware dan fungsi onalitas yang mencermikan tujuan-tujuan perusahaan untuk menghubungkan semua tingkat tehnologi perusahaan, memastikan pelanggan mendapatkan akses pengetahuan yang dibutuhkan untuk merespon kondisi pasar dengan cepat dan leluasa. Tiga puluh tahun Oracle berjaya, Oracle menjadi patokan untuk database teknologi dan aplikasi-aplikasi di dalam perusahaan diseluruh dunia, dari mulai perusahaan-perusahaan yang kecil sampai perusahaan-perusahaan yang besar  multinasional dan internasional.

Software Unggulan Yang Dikeluarkan Oracle Sebagai perusahaan Software yang besar Orcle pengeluarkan produk-produk unggulannya. Disini penulis akan berusaha mengulas beberapa piranti lunak yang dikeluarkan oracle.

1.Oracle Database 11g Enterprise Edition

Oracle Database 11g Release 2 Enterprise Edition memberikan kinerja industri terbaik, skalabilitas, keamanan dan kehandalan yang didukung Windows, Linux, dan UNIX. Ini memberikan fitur yang lengkap agar dengan mudah mengatur proses pengolahan transaksi yang menuntut  intelijen bisnis, dan aplikasi manajemen konten. Oracle Database 11g Release 2 Enterprise Edition dilengkapi dengan berbagai pilihan untuk memperluas database, untuk membantu mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelangagan serta memberikan keamanan dan harapan tingkat ketersediaan layanan yang memuaskan. Inilah beberapa manfaat yang kita peroleh bila menggunakan Oracle Database 11g Enterprise Edition:

  • Melindungi dari kegagalan server, kegagalan situs, kesalahan manusia, dan mengurangi downtime.
  • Mengamankan Data yang memungkinkan sesuai dengan row-level keamanan yang unik, auditing halus, transparan enkripsi data, dan total recall data.
  • High-data kinerja pergudangan, pengolahan analitik online, dan data mining.
  • Mudah mengelola seluruh siklus hidup informasi bagi database terbesar.
  • Bisnis Konsolidasi aplikasi grid ke database yang cepat, handal dan scalable.
  • Memaksimalkan ketersediaan data dan menghilangkan redundansi data center idle.
  • Mempercepat kinerja dengan mengompres data ke partisi storage yang murah.
  • Aman melindungi informasi dan data yang akurat.
  • Menggandakan DBA produktivitas dan mengurangi risiko perubahan.
  • Oracle Database Memperkenalkan Mesin Exadata X2-8.
  • Oracle lebih mudah dalam mengelola DB2 dan SQL Server.
  • Data Biaya-Efektif Pencegahan Kebocoran Dimulai pada Sumber.
  • Tingkatan yang dicapai: Dunia mencatat kinerja dan harga yang baik.
  • Kompresi kolumnar hibrida dengan kompresi data sebesar 10-15 kali.
  • Pemindaian data terkompresi unutk eksekusi pencarian lebih cepat.
  • Indeks penyimpanan untuk mengurangi lebih jauh I/O disk.Pembebanan proses pencarian pada penyimpanan dengan menggunakan Smart Scan.
  • Aplikasi-aplikasi yang dijalankan pada Mesin Database Sun Oracle dapat mencapai satu juta I/O.
  • Operasi per Detik pada Flash Storage

2. Oracle Database 11g Standard Edition.Oracle Database 11g Standard Edition adalah sebuah basis data dengan harga terjangkau dengan fitur lengkap untuk server dengan empat soket, ini mencakup Oracle  Real Aplikasi Cluster untuk memenuhi kebutuhan kinerja kelas enterprise dan keamanannya, sederhana untuk mengolah data dan dapat dengan mudah mentyesuaikan dengan skala permintaan yang meningkat serta dapat ditingkatkan tingkat kompatibelnya. MANFAAT

  • Dengan harga $350 perpengguna minimal 5 pengguna, menghemat uang dengan membeli hanya yang dibutuhkan.
  • Dapat dijalankan di Windows, Linuk dan system opersi Unik , serta mempunyai kemampuan otomatisasi pengolahan diri.
  • Streamline pengembangan aplikasi dengan Oracle Aplication Express, Oracle SQL Develover dan Oracle Data Access Components untuk Windows.

3. Oracle  Database 11g Standard Edition One.Dengan harga $180 perpengguna (minimal 5 pengguna) Oracle Database merupakan sebuah database  terjangkau dengan fitur lengkap  untuk server sampai dua soket, hal ini memberikan kinerja  kelas interprise dan keamanan dengan pengelolaan sederhana dan dapat dengan mudah menyesuaikan dengan skala permintaan yang meningkat serta mempunyai kompatibel yang tinggi dengan edisi database yang lain. MANFAAT

  • Dukungan aplikasi bisnis dengan kinerja perusahaan kelas atas, keamanan, kterdediaan pasilitas dan skabilitas.
  • Bisa dijalankan di Windows, Linux dan system opersi Unik dan memberikan kemudahan dalam mengelola data dengan otomatisasi.
  • Streamline pengembangan aplikasi dengan Oracle Expres, Oracle SQL Developer, dan Oracle Data Access  Componen untuk Widows.

Keuntungan Dan Kerugian Database

Keuntungannya :

  • Mengurangi data redundancy :  Data redundansi dapat direduksi/dikurangi, tetapi tidak dapat dihilangkan sama sekali (untuk kepentingan keyfield)
  • Data integrity                           :  Integritas/kesatuan data dapat dipertahankan, hal ini sebagi akibat dari penghindaran inconsistency dan pengontrolan security.
  • Data independent                     :  Kebebasan data  contoh .  Jika terdapat perubahan struktur file pelanggan maka program tersebut haruslah diubah. Jadi bahwa program yang telah dibuat tidak bebas terhadap database yang ada, apapun yang terjadi pada struktur file, setiapkali hendak melihat data dengan utility List, dll. ini berarti perintah-perintah dalam paket DBMS bebas terhadap database.
  • Data security                            :  Kontrol sekuriti dapat dilakukan.  DBA dapat mengatur kewenganan penggunaan database (update, retrieve, delete)
  • Data consistency                      :  Inconsistency dapat dihilangkan
  • Mudah dalam penggunaan datanya
  • Membutuhkan sedikit memory untuk penyimpanan data.

Kerugiannya : Mahal (teknologi DBMS, Operation, Conversion, Planning, Risk)

Inilah hasil ulasan penulis mengenai database, bila terdapat kesalahan penulisan harap dimaklumi. Semua kesalahan tersebut disebabkan sedikitnya pengetahuan penulis. Namun bila informasi ini berguna penulis sangat senang, serta lebih senang lagi bila rekan mau memberikan saran demi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: